Cara Menulis Ulang Artikel Blog Agar Unik

Desember 09, 2022
Menulis Ulang Artikel Blog | Saya bukan penulis murni, cuma modal seneng aja, sekolah aja cuma sampe SMA, paham betul daya kreatifitas menulis saya.

Kesukaan saya pada blogging pun hanya berangkat dari modal dari senang menulis puisi dan menulis cerita pendek, mengarang lirik lagu; karena saya punya band, dahulu kala ;-), band rock! [nama band saya dulu Pink Pollution, tidak pernah mengeluarkan album apalagi menelorkannya] :-)

Malah modal kesenangan saya akan menulis puisi maupun lirik lagu sebenarnya tidak sanggup mengantar saya untuk tekun ngeblog, Hanya saja saya senang kegiatan online dan itu modal baik yang saya miliki, suka saja.

Cara Menulis Ulang Artikel Blog Agar Unik

Dari masalah modal yang pas-pasan itu kerap menjadi hambatan, hambatan yang berkelanjutan menjadi kesusahan membuat karya tulis. Padahal senjata utama blogger kan tulisan, benar2 bikin ketar-ketir juga sih.

Tapi dari masalah itu juga aku menemukan inspirasi untuk menulis bab ini, bab cara mendapatkan bahan menulis saat daya kreatifitas kita mentok, langsung aja cek!

Cara Menulis Ulang Artikel Blog Agar Unik

Berikut beberapa trik yang bisa dicoba untuk blogger macam aku, siapa tau kawan2 sekalian tertarik. Terutma buat blogger pemula yak!
  • Mencari Artikel Bahasa Inggris
Iyah, saya mencari artikel yang temanya sesuai dengan bidang saya. Mengapa harus sesuai bidang saya? Jawabanya adalah agar saya tahu apa yang saya tulis, sebab akan lucu ketika saya menulis sesuatu yang tidak saya pahami.

Saya tidak mencari artikel berbahasa Indonesia tapi yang berbahasa Inggris. Bukan sok ke-inggris-inggrisan tapi lebih karena pertimbangan kreatifitas belaka.

Jika saya harus menggubah artikel yang berbahasa Indonesia justru saya akan kesulitan untuk menjadi beda. Akan sulit untuk menjadikan artikel unik.

Di internet sendiri ada yang menyediakan artikel-artikel berbahasa Inggris yang mengizinkan penggunanya untuk menulis ulang maupun menerjemahkan, silahkan anda mencarinya.
  • Terjemahkan Artikel
Setelah menemukan artikel yang sesuai dengan pengharapan saya saya akan terjemahkan artikel tersebut meskipun saya tidak begitu paham bahasa inggris, saya akan menggunakan bantuan tool penterjemah yang tersedia di internet.
  • Menafsirkan Hasil Terjemahan Dan Menyusun Ulang Tulisan (Rewrite)
Setelah artikel tersebut menjadi bertuliskan Bahasa Indonesia, pekerjaan menulis ini belum berhenti. Saya belum berani mengunggah sebagai postingan untuk blog saya.

Kemudian apalagi yang perlu dilakukan...? Disini kita berjumpa pada sisi beratnya, menafsirkan maksud dan menyusun kalimat-kalimat yang masih berantakan. Saya bisa membutuhkan waktu berjam-jam untuk menafsirkan maksud dari isi artikel. Bagaimana mungkin butuh waktu berjam-jam?! 

Iyah karena hasil terjemahan translator masih mentah, translator hanya mampu menerjemahkan kata per kata saja. Kalimatnya masih belum memberikan informasi yang jelas. Dari sini saya berusaha menafsirkannya sebaik mungkin sehingga artikelnya dapat tertulis alami tanpa nilai "c0py-past3".

Mungkin tindakan menafsirkan ini bukan sesuatu yang membanggakan, tapi setidaknya kita sudah berusaha meminimalkan kegiatan ilegal "c0py-p@ste" artikel karya orang lain secara mentah-mentah. Itung-itung nunggu ide datang juga.

Dan percayalah, dengan melakukan ini perbendaharaan kosakata kita yang sedang tersimpan jauh di dalam memori juga akan  muncul ke permukaan, sehingga dampaknya akan baik untuk orang yang suka menulis.
Saat ini mungkin tulisanmu biasa saja, bisa jadi suatu saat menjadi salah satu yang bisa membuat artikel blog yang banyak dibaca.
Demikian Tips Menulis Artikel Blog Ketika kita kepentok, semoga bermanfaat untuk anda kawan-kawan pemula.
Latest
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.